Kamis, 09 Mei 2013

Sarapan Lemper Ayam


Foto: penampakan Lemper Ayam

Lemper isi ayam tak hanya cocok disajikan untuk camilan. Jajanan tradisional ini juga cocok jadi menu sarapan. Tekstur beras ketan yang lembut diisi daging ayam berbumbu opor. Aromanya jadi makin wangi karena dibungkus daun pisang.

Hidangan lemper sangat terkenal dengan penggunaan beras ketan yang dimasak dengan santan kemudian dikukus. Biasanya beras ketan ini dibentuk bulat panjang atau segi empat dan diisi dengan daging ayam cincang. Daging ayampun dibumbui dengan bumbu opor yang wangi aromanya.

Lemper hanya dijual di penjaja kue tradisional, camilan di stasiun atau halte bus. Terkadang toko kue juga menjualnya dalam bentuk yang bervariasi ada kotak, persegi panjang dan bulat. Meskipun sering disantap sebagai camilan cocok juga sebagai menu sarapan.

Sarapan lemper bisa mencegah lapar berlebih pada jam makan berikutnya. Pasalnya kandungan karbohidrat pada beras ketan putih yang mencapai 79,4 persen per butir beras ini memberi rasa kenyang lebih lama. Sedangkan daging ayam yang mengandung kalori sebesar 298 kkal per 100 gramnya bisa meningkatkan kadar energi.

Perbungkus lemper isi ayam seberat 80 gram mengandung kalori sekitar 181 kkal energi. Sedangkan kandungan lemaknya mencapai 5,7 gram, 2 gram protein dan 6 gram karbohidrat. Jika merasa kurang kenyang setelah makan lemper isi ayam, bisa minum segelas susu atau jus buah.

(detikFood/nawizam)

Tambahkan Keranjang

0 komentar:

Posting Komentar